Membuat Vas Bunga Keramik di DINOYO - Paket Wisata di Malang Wisatamalang.Co.Id
wisata di malang, tempat wisata malang, tempat wisata, wisata malang batu, batu malang, wisata batu, kota malang, kota wisata malang, wisata di batu, hotel malang, batu malang, hotel malang, kota malang, kota wisata malang, tempat wisata, tempat wisata malang, wisata batu, wisata di malang, wisata jatim

Membuat Vas Bunga Keramik di DINOYO

  • Posted by Turrima Ticket
  • at 11:00 PM -
  • 0 comments
Berekreasi sambil belanja benda kerajinan berbahan keramik. Itulah yang dapat anda lakukan bila mengunjungi Kampung Keramik Dinoyo. Kalau igin merasakan membuat benda kerajinan berbahan
keramik, di sentra kerajinan keramik ini Anda juga bisa melakukannya.

Kalau sedang ke Malang, cobalah sempatkan singgah ke Kampung Keramik Dinoyo. Kawasan yang terletak barat laut Malang, merupakan sentra kerajinan keramik yang sudah kondang di seantero Nusantara. Kawasan yang menjadi sentra kerajinan keramik ini meliputi wilayah di Jl. MT Haryono IX,XI, dan XIII. Pada musim liburan , kawasan yang berada dalam satu RW ini selalu dipadati wisatawan. Tidak hanya wisatawan domestik, wisatawan mancanegara juga rramai memadati kawasan wisata benda seni ini. Ada yang berkunjung bersama keluarga, ada pula yang datang berombong bersama teman .

Di kawasan ini anda dapat berbelanja beragam keramik hias. Dari pernak-pernik dengan berbagai bentuk, tempat pensil,perapian aromaterapi, tempat tisu, hingga vas bunga. Harganya bervariasi dari Rp. 5.000,- (Berupa cenderamata lonceng, tempat tisu, tempat kartu nama , dll) hingga Rp. 600.000,- (berupa keramik hias berukuran besar). Selain keramik , anda juga bisa berbelanja kerajinan berbahan gibs, umumnya nberupa pigura untuk foto berukuran kartu pos.

Selain berbelanja. Anda juga bisa datang ke bengkel pengrajin untuk melihat langsung proses pembuatannya. Bahkan, bila datang berombongan anda dapat meminta kesempatan untuk praktik membuat kerajinan keramik . tentu dengan perjanjian terlebih dahulu. Menurut Samsul Arifin , Ketua Kelompok Pengrajin Keramik Dinoyo, di kampung keramik ini terdapat setidaknya tiga pengrajin yang membuka pintu bagi wisatawan yang ingin belajar membuat barang kerajinan keramik . benda yang dibuat biasanya memiliki bentuk  sederhana , seperti tempat pensil atau vas buka kecil. Biayanya tidak mahal, hanya senilai produk yang dibuat itu (Rp. 10.000 – 20.000,-) plus ongkos pengiriman setelah karya anda selesai dibakar bersama benda keramik lainnya . pengiriman keramik buatan pengunjung biasanya baru dilakukan sekitar seminggu kemudian.

Dari catatan Samsul, di Kampung Keramik Dinoyo ini terdapat sekitar 34 keluarga yang bergerak di sektor kerajinan keramik dan gibs. Diantara mereka ada yang hanya membuat keramik hias tanpa membuka outlet, membuat keramik hias dan membuka semacam showroom untuk memasarkan produk mereka, ada pula yang hanya menjual produk keramik hias.

Menurut Samsul, kawasan ini dulunya merupakan sentra gerabah dan masuk wilayah Kelurahan Penanggungan atau Betek. Warganya kebanyakan menjadi pengrajin gerabah peralatan rumah tangga atau dapur. Kini pun pengrajin gerabah masih ada, namun produknya berupa pot. Peralatan rumah tangga dari gerabah yang masih dibuat pengrajin hanya berupa cobek .

Berkembangnya Dinoyo menjadi kampung keramik berawal dari didirikannya pabrik keramik oleh pemerintah di kawasan ini pada 1957 . pabrik ini menghasilkan barang – barang teknik berupa isolator listrik, saniter, barang-barang tahan api. Pendirian pabrik ini kemudian berpengaruh terhadap orientasi usaha para pengrajin. Terbukti, mereka kemudian beralih membuat produk kerajinan keramik semi porselen. Ini berlangsung hingga sekarang menjadi sentra kerajinan keramik

Dengan kendaraan pribadi lokasi ini dapat dicapai melalui jl. MT Haryono. Lalu masuk ke jl. MT Haryono IX. Di tikungan ujung jalan, dekat pintu masuk pabrik keramik, anda bisa memarkir kendaraan anda. Dari sini, anda bisa berjalan kaki menyusuri sentra kerajinan keramik Dinoyo. 

Sumber : Where to go malang
 

0 comments: